Jumat, 13 Mei 2016

Kasih

Kasih menjadikan segala sesuatu sempurna karena kasih menutup segala cela

"Kasih membuat segala sesuatu sempurna, karena kasih menutup segala cela"

Kasih membuat segala sesuatu menjadi sempurna karena setiap hal yang dilakukan dengan kasih tidak mengharapkan sesuatu, sehingga dapat menerima semua hal tanpa membuat penilaian untung rugi, baik buruk, kaya miskin dan lain sebagainya. Di dalam kasih terdapat kesabaran, kelembutan hati, rasa percaya tanpa harus mempertanyakan segala sesuatu dan juga terdapat segala sesuatu yang baik adanya. Sebenarnya bagi saya sendiri sangat sulit untuk mendefinisikan sebuah kasih, mengapa demikian? Karena di dalam pemikiran saya kasih itu adalah sesuatu yang sempurna sehingga untuk memberikan definisinya pun haruslah begitu sempurna.

Mungkin gambaran kasih akan lebih mudah dipahami apabila kita lihat dari sisi hati kita serta kepercayaan kita kepada Tuhan. Di dalam kehidupan beragama dan spiritualisme kita dapat melihat bagaimana kasih Tuhan yang begitu sempurna terhadap manusia, karena kasih-Nya Tuhan rela menjadi manusia untuk menebus dosa manusia dan menjadikan umatnya kembali menjadi sempurna. Dan karena kasih-Nya, Tuhan juga selalu memilih dan mengutus para Nabi dan orang-orang pilihannya untuk menjadikan umatnya kembali sempurna dan tak bercela dihadapan-Nya.

Kasih itu sempurna oleh sebab itu ia akan menjadikan segala sesuatu terlihat sempurna karenanya. Pada kehidupan yang nyata kita dapat melihat betapa kasih bisa membuat orang terlihat sempurna di mata orang lain.
  • Lihatlah pada saat seseorang jatuh cinta, maka mereka tidak akan melihat satu pun cela pada orang yang dicintai atau pasangannya. Dari hal tersebut maka timbul sebuah istilah "cinta itu buta" sehingga yang ada hanyalah segala sesuatu yang indah dan sempurna.
  • Kasih orang tua terhadap anak-anaknya, kasih mereka juga begitu sempurna sehingga membuat mereka mampu dan mau untuk mengorbankan apa saja demi melihat dan menjadikan anak-anaknya terlihat sempurna dimatanya dan menjadi lebih baik dari mereka.
Sahabat, marilah kita belajar untuk mempunyai kasih di hati kita dan mengasihi orang-orang yang ada di sekitar kita serta yang berinteraksi dengan kita didalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya kasih maka segala sesuatunya akan terlihat tanpa cela sehingga menutup segala celah agar tercipta sebuah kedamaian dan ketenteraman hidup kita. Saya hanyalah sekedar menuliskan apa yang terlintas dalam pemikiran saat ini dan juga sebagai pembelajaran diri sendiri. Apabila ada rekan yang sempat meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya maka saya ucapkan terima kasih.

1 komentar: