Kamis, 08 Oktober 2020

Cara Membuat Kopi Hitam Bubuk Secara Tradisional dan Manual

 


Cara Membuat Kopi Hitam Bubuk Secara Tradisional dan Manual - Kopi merupakan salah satu dari produk komoditi di dunia, sehingga boleh dikatakan bahwa hampir semua orang pasti sudah mengenal produk hasil alam yang satu ini. Meskipun kopi dan produk olahannya sudah dikenal secara umum, namun boleh jadi untuk proses pembuatan bubuk kopi  dari buah kopi tidak semua orang mengetahuinya.

 

Sehubungan dengan hal tersebut maka penulis mencoba untuk menjelaskan proses pembuatan bubuk/serbuk kopi hitam melalui tulisan ini. (dapat juga dilihat dalam video yang ada).

Pengolahan buah kopi atau biji kopi berdasarkan alat dan cara mengolahnya dapat dibedakan menjadi 2 (dua) cara yaitu secara tradisional/manual dan secara pabrikan dengan menggunakan mesin berteknologi maju.

 


Adapun dalam tulisan ini hanya akan dibahas pengolahan biji kopi secara tradisional manual dengan skala rumahan yang banyak dilakukan oleh para petani kopi di pedesaan.

Tahap demi tahap dalam proses pengolahan kopi secara manual tradisional ini adalah sebagai berikut:

1.    Pemetikan buah kopi

Buah kopi yang berkualitas adalah hasil dari buah kopi yang sudah matang di pohon dengan tanda matang adalah buah kopi sudah berwarna merah. Pemetikan buah kopi ini harus benar-benar selektif hanya yang sudah matang pohon karena hal ini adalah kunci utama dari kualitas produk kopi bubuk yang akan dihasilkan.

2.    Pengeringan.

Ada 2 cara pengeringan secara tradisional:

-       pengeringan buah kopi dalam bentuk utuh, cara ini dilakukan dengan langsung menjemur buah kopi di bawah terik sinar matahari setelah proses pemetikan buah kopi dari pohon.

-       Buah kopi ditumbuk terlebih dahulu baru kemudian di jemur di bawah sinar matahari. Tujuan penumbukan dalam proses ini adalah.untuk memecahkan daging buah kopi diluar bijinya sehingga akan mempercepat proses pengeringannya.

3.    Pemisahan biji kopi dari kulit buah kopi

Setelah proses penjemuran dan biji kopi sudah kering maka selanjutnya dilalukan penumbukan dengan tujuan memisahkan kulit kopi dari bijinya.

4.    Pembersihan kulit kopi

Setelah ditumbuk dan diperkirakan kulit kopi sudah terlepas dari bijinya, maka tahapan selanjutnya adalah pembersihan kulit kopi dengan cara menampinya.

5.    Pencucian Biji Kopi (green bean)

Langkah selanjutnya adalah mencuci biji kopi atau yang biasa juga disebut dengan green bean agar benar-benar bersih dari sisa kulit kopi.

 


6.    Penjemuran Green Bean

Setelah dicuci sampai bersih, kemudian green bean dijemur Kembali di bawah sinar matahari sampai kering.

7.    Sangrai biji kopi (roasting)

Langkah selanjutnya adalah menyangrai biji kopi kering tersebut. Secara tradisional rumahan proses sangrai ini biasanya dilakukan dengan menggunakan tempat peggorengan yang tebal dan api yang relative kecil sehingga biji kopi yang di sangrai dapat matang sempurna dan tidak gosong.

Proses sangrai ini biasanya memerlukan waktu yang relatif lama untuk membuat green bean menjadi matang. Apabila green bean sudah berubah wana menjadi coklat kehitaman dan berbau harum kopi, maka proses sangrai sudah selesai. Tetapi selera setiap orang bisa berbeda untuk tingkat kehitaman dan rasa kopi yang ingin dihasilkan sehingga tidak ada satu tolok ukur waktu yang dapat dijadikan patokan berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam waktu sangrai ini.

8.    Menggiling biji kopi yang telah di sangrai

Biji kopi yang telah disangrai dapat langsung digiling menggunakan mesin giling kopi manual untuk mendapatkan bubuk kopi dengan tingkat kehalusan yang sesuai dengan keinginan. Secara tradisional, alat yang digunakan untuk menggiling biji kopi adalah mesin untuk membuat tepung beras.

9.    Pengayakan bubuk/serbuk kopi

Agar butiran bubuk kopi relatih halus dan seragam, maka setelah proses penggilingan biji kopi biasanya dilakukan pengayakan dengan menggunakan ayakan tepung terigu/tepung beras.

10.  Penyimpanan kopi

Kopi sebaiknya disimpan di dalam tempat tertutup yang terbuat dari kaca sehingga aroma dan rasa dari kopi tidak menguap atau hilang jika disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Demikian tahapan / proses pembuatan kopi secara tradisional dan manual yang dapat saya informasikan kepada para pembaca. Saya berharap semoga tulisan ini dapat berguna bagi para pembaca, terima kasih.


Silahkan berkunjung ke Channel Ungkapan Hati untuk menonton video kata kata bijak mutiara kehidupan, video musikalisasi puisi, ucapan ulang tahun dan video kata kata yang lainnya.

Video kata kata bijak mutiara kehidupan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar